Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net
 

Etoys

Alhamdulillah akhirnya bisa posting lagi setelah blog gw masuk rumah sakit karena terkena penyakit dari orang iseng (Hacker), dan dampak dari semua itu menyebabkan beberapa tugas DPG (Desain Pemodelan Grafik) menjadi tak terselesaikan..

Okee.. Sekarang kita mulai lagi mengerjakan tugas DPG (Desain Pemodelan Grafik) yang kali ini akan membahas tentang Etoys.. 



Etoys ???

Mungkin ketika kita pertama kali mendengarnya pasti akan berfikir klo itu adalah salah satu jenis mainan untuk anak-anak atau bahkan akan mengira klo itu adalah tempat untuk beli mainan anak-anak, Hhahaha...
tp ternyata Etoys itu adalah merupakan salah satu dari Bahasa Pemrograman loh..
Hmm... namanya memang tidak terkenal seperti bahasa pemrograman lainnya.
Akan tetapi, taukah kalian bahwa bahasa pemrograman ini terkenal loh dinegara Paman Sam  ???
Disana, bahasa pemrograman ini diperuntukkan untuk anak sekolah tingkat dasar.  Wow... Hebat bukan, sejak kecil mereka sudah diperkenalkan dengan pemrograman.

Etoys sendiri dibuat oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology). Etoys adalah sebuah project yang bertujuan untuk memperkenalkan pemrograman kepada anak kecil. Mereka berupaya membuat bahasa pemrograman yang menarik bagi anak-anak. Karena, yang namanya anak kecil pasti akan cepat bosan bahkan tidak akan tertarik jika harus membuat program dengan menuliskan script yang panjangnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan baris.
Nah, dengan alasan inilah Etoys dibuat. Tampilannya yang sangat menarik, pasti akan membuat anak-anak tertarik untuk belajar menggunakannya. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup dengan menyusun script yang sudah ada maka objek yang sudah dibuatpun akan bergerak sesuai dengan keinginan si programmer cilik.

  • Fitur pada Etoys

Sistem Etoys didasarkan pada gagasan yang berjenis virtual program pada layar komputer.
Etoys menyediakan media yang kaya authoring lingkungan dengan model, objek sederhana kuat ditulis untuk berbagai jenis objek yang dibuat oleh pengguna-akhir. Etoys termasuk 2D dan 3D grafis , gambar, teks, partikel, presentasi, halaman web, video, suara dan MIDI, kemampuan untuk berbagi desktop dengan pengguna lain di Etoy real-time, begitu banyak bentuk mendalam tentang mentoring dan bermain dapat dilakukan melalui internet. Hal ini multibahasa dan telah digunakan dengan sukses di Amerika Serikat, Eropa, Amerika Selatan, Jepang, Korea, India, Nepal, Etiopia, dan di tempat lain.

# Pada dasarnya untuk penggunaan Etoys memang cukup rumit bagi seorang pemula, akan tetapi jika sudah mulai memahami logika yang terdapat di dalam Etoys maka akan menjadi mudah dalam penggunaannya, karena pada dasarnya sama saja dengan bahasa pemrograman lain yaitu menggunakan script, akan tetapi Etoys lebih memvisualisasikannya dengan gambar sehingga lebih mudah untuk di implementasikan.

# Untuk flow chart dalam Etoys pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama saja dengan flow chart lainnya, namun hanya simbol-simbol (bentuk) saja yang beda, jadi kesimpulannya untuk flow chart dalam Etoys memang beda dari segi bentuk dari flow chart lainnya, akan tetapi memiliki fungsi yang sama saja dengan flow chart lainnya.


Oke.. selanjutnya kita akan membuat sebuah project dengan Etoys..




Langkah-langkah Membuat project :


  • Buka aplikasi  Etoys lalu pilih Make A Project  untuk membuat sebuah project baru.
beri nama untuk project yang kamu buat. Disini, Saya menggunakan nama sendiri yaitu "faissal".




  • Setelah memberi nama project, pilih tombol "Make a painting" yang bergambar "Kuas dan pallette" untuk membuat sebuah objek baru. kemudian buatlah sebuah objek.


Jika sudah selesai, pilih tombol "Keep".


  • lalu, klik kanan pada objek yang telah dibuat. kemudian pilih icon dengan lambang mata untuk menampilkan script. 


  • Setelah muncul script, Kamu sudah bisa memberi perintah kepada objek.



  • Untuk memberi perintah pada sebuah objek, cukup dengan menarik keluar script yang ada didalam kotak lalu menyusunnya sehingga menjadi sebuah perintah.


 




Disini, Saya menginginkan si objek yaitu sebuah mobil yang ingin berhenti tepat didepan rumahnya. Makanya, perintah yang diberikanpun cukup sederhana hanya perintah maju dan perintah belok dan sebuah kondisi.



Ini tampilan yang sudah jadi. disini, Saya permanis dengan menambahkan matahari diatas langit-langitnya..
Hhahahayy... :D


Kesimpulan :
Pada dasarnya Etoys itu mudah untuk digunakan, asalkan kita sudah mengetahui script beserta logika dari object yang akan kita buat.
Tools pada Etoys pun sangat lengkap sehingga memudahkan untuk membuat project.
Akan tetapi penggunaan Etoys juga memerlukan keterampilan menggambar, karena pada prinsipnya kita sendiri lah yang membuat object atau gambar yang nantinya akan kita buat visualisasinya dan flow chart-nya.
Selain itu, keterampilan dalam menggunakkan mouse pun menjadi salah satu kunci dari suksesnya dalam membuat sebuah object atau gambar.


referensi :


http://en.wikipedia.org/wiki/Etoys_(programming_language)
http://www.squeakland.org/ 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer